AS Optimis Mampu Hentikan Wabah Cacar Monyet

WASHINGTON, - Pemerintah Amerika Serikat, pada Minggu (24/7) mengatakan bahwa pihaknya yakin dapat “menghentikan” penyebaran wabah cacar monyet di Amerika Serikat dengan mempercepat program vaksinasi dan pengobatan untuk memerangi penyebaran virus tersebut.

“Saya pikir monkeypox (cacar monyet) dapat diatasi, tentu saja,” kata dokter Ashish Jha, salah satu pakar kesehatan Gedung Putih, kepada CBS News.

“Kami telah bertindak cepat,” tambahnya.

Dia mengatakan Washington telah melakukan peningkatan respons yang "sangat substansial", termasuk dengan membeli sekitar 800.000 dosis vaksin dari Denmark, sejak dimulainya wabah cacar monyet di AS pada Mei.

“Rencananya adalah untuk menghilangkan virus ini dari Amerika Serikat. Saya pikir kita bisa melakukan itu,” lanjutnya.

Diketahui, Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, pada hari Sabtu akhir pekan kemarin sudah menyatakan wabah cacar monyet sebagai darurat kesehatan global, setelah hampir 17.000 orang di 74 negara terinfeksi virus tersebut.

Jha mengakui bahwa virus menyebar sebagian besar di komunitas laki-laki gay, tetapi menekankan bahwa " ada orang lain yang berisiko juga, terutama mereka yang melakukan kontak pribadi dekat dengan orang yang terinfeksi".



sumber: www.jitunews.com